Roadmap & Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Ilmu Keperawatan

Roadmap & Renstra Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Ilmu Keperawatan

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana tertulis di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk itu, upaya kesehatan harus selalu diusahakan peningkatannya secara terus menerus agar masyarakat yang sehat sebagai investasi dalam pembangunan dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Perhatian terhadap permasalahan kesehatan terus dilakukan, terutama dalam perubahan paradigma sakit yang dianut oleh masyarakat ke paradigma sehat guna meningkatkan derajat kesehatan. Paradigma sakit yang dimaksud adalah upaya untuk membuat orang sakit menjadi sehat, sedangkan paradigma sehat adalah upaya membuat orang sehat tetap sehat. Dengan kata lain, paradigma sakit menekankan pada pelayanan kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan), sedangkan paradigma sehat menekankan pada pelayanan promotif dan preventif (pencegahan), dengan tidak mengesampingkan pelayanan kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan).

Perubahan paradigma ini juga merubah pemeran dalam pencapaian kesehatan masyarakat, dari pemerintah menjadi masyarakat itu sendiri dengan tidak mengesampingkan peran pemerintah dan petugas kesehatan. Perubahan paradigma tersebut menjadikan masyarakat sebagai pemeran utama dalam pencapaian kesehatan masyarakat. Dengan kata lain, perubahan paradigma tersebut bertujuan untuk membuat masyarakat menjadi mandiri dalam menjaga kesehatannya, sesuai dengan visi Indonesia sehat, yaitu “Masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan”.

Hal ini sesuai juga dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, bahwa pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya masyarakat.

Dalam rangka pencapaian kemandirian kesehatan, salah satu unsur pentingnya adalah pemberdayaan masyarakat.Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan merupakan sasaran utama dari promosi kesehatan. Masyarakat atau komunitas merupakan salah satu dari strategi global promosi kesehatan pemberdayaan(empowerment) sehingga pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk dilakukan agar masyarakat sebagai primary target memiliki kemauan dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui pengabdian masyarakat di lingkungan ilmu keperawatan, banyak hasil dan manfaat yang dapat digunakan untuk mendukung masyarakat yang sehat6 dan mandiri. Menyadari pentingnya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen di lingkungan Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, maka LPPM STIKes Surya Global Yogyakarta mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyusun roadmap PKM Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta tahun 2016-2020. Roadmap  ini disusun berdasarkan pada Rencana Induk pengabdian kepada masyarakat, Renstra pengabdian kepada masyarakat tingkat perguruan tinggi, dan trend issue terutama di bidang keperawatan serta mengarah pada visi dan misi baik institusi maupun visi-misi program studi. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah terbentuknya “wilayah pedesaan yang sehat, mandiri dan berdaya”

Download lengkapnya disini